Skip to content
Maret 8, 2012 / dasarburung

Ayu Laurence Bandung

Buat sista yang membutuhkan kosmetika biar makin kinclong, kami hadir di kota Bandung.
silakan mampir di blog kami.
happy shopping sis ^__^ 

Januari 3, 2011 / dasarburung

2010 in review

The stats helper monkeys at WordPress.com mulled over how this blog did in 2010, and here’s a high level summary of its overall blog health:

Healthy blog!

The Blog-Health-o-Meter™ reads Fresher than ever.

Crunchy numbers

Featured image

A Boeing 747-400 passenger jet can hold 416 passengers. This blog was viewed about 4,800 times in 2010. That’s about 12 full 747s.

In 2010, there were 3 new posts, growing the total archive of this blog to 53 posts. There were 3 pictures uploaded, taking up a total of 632kb.

The busiest day of the year was April 27th with 42 views. The most popular post that day was jenis-jenis burung pemngsa yg bermigrasi.

Where did they come from?

The top referring sites in 2010 were search.conduit.com, google.co.id, burungsulawesi.web.id, pratapapa81.wordpress.com, and dwiputranto.wordpress.com.

Some visitors came searching, mostly for jalak putih, burung kacamata, jenis-jenis burung, jenis jenis burung, and burung.

Attractions in 2010

These are the posts and pages that got the most views in 2010.

1

KACAMATA BIASA February 2009
14 comments

2

Jalak putih *di ITB* ………….tinggal menunggu saat kematiannya…… May 2007
12 comments

3

Burung-burung di kawasan IPAL Bojongsoang February 2009
2 comments

4

MIgrasi burung pemangsa October 2007
2 comments and 1 Like on WordPress.com,

Desember 28, 2010 / dasarburung

Dasar-dasar Mengamati Burung di Alam (Birdwatching)

Bismilah

HAi semuanya, kali ini saya mau posting tentang dasar-dasar mengamati burung di alam bebas atau bahasa kerennya birdwatching.

ada beberapa hal yang mesti diperhatikan, diantaranya adalah pakaian, alat dan teknik mengamati burung. Baiklah, kita bahas satu persatu aja okeh ^^

 

1. Pakaian

Sebelum mulai mengamati burung, ataupun jenis fauna yang lain (primata misalnya), pakaian menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Adapun kriteria pakaian yang dikenakan adalah sebagai berikut :

a. memiliki warna yang sama/senada dengan alam sekitarnya. Coklat, hitam, krem atau abu-abu dapat  menjadi pilihan yang terbaik. warna-warna terang / ngejreng sebaiknya dihindarkan.

b. terbuat dari bahan yang menyerap keringat dengan baik/memiliki sistem sirkulasi udara demi kenyamanan kita sendiri

c. memiliki kantong untuk menyimpan buku catatan ataupun alat tulis

d. baju berlengan panjang sangat dianjurkan. Selain menghindari pacet dan lintah juga mengurangi kadar sinar matahari yang diterima kulit😀

langsung aja ke bagian yang kedua , ALAT PENGAMATAAAAN (doraemon mode :on)

 

b. Alat pengamatan

kayanya bagian alat pengamatan ini tidak terlalu asing juga yah. Secyara bisa ditemuin dimana aja, di toko alat olahraga ato di toko buku. what? di toko buku? ya..iyalah cyiin. pan kita kudu punya juga buku iddentifikasi burungnya. oke deh cekidot list lengkapnya

Binokuler/Kekeran/Teropong/Binocular

adalah alat standar buat ngamatin burung. cara makenya ntar diposting terpisah deh.

Monokuler/Monocular

ini adalah alat biar bisa liat burung secara lebih jelas

Buku catatan pengamatan

bukunya kaga usah yang bagus-bagus amat ato yang segede gaba. cukuplah buku dengan ukuran yang bisa masuk ke kantong/saku. jangan lupa covernya disampulin dulu make plastik biar tahan air.

Alat Tulis

dianjurkan menggunakan pinsil ato bolpoint. penggunaan alat tulis berbahan tinta cair seperti boxy/millipen/spidol dll tidak saya anjurkn coz kalo ujan pasti tulisan kamu jadi luntur. nangis darah deh

Topi Lapangan

apalagi fungsinya biar melindungi kita dari sinar matahari atopun benda-benda yang jatuh dari atas

Buku Identifikasi jenis burung/FieldGuide

nah..nah yang ini rada khusus nih. buat mengenali jenis burung yang kamu temukan di lapangan, kamu bisa menggunakan buku ini. Beberapa buku identifikasi yang lazim digunakan diantaranya :

Panduan lapangan burung-burung di Sumatera, Jawa, Bali dan Kalimantan (LIPI)

Panduan lapangan burung-burung di kawasan Wallacea: Sulawesi, Maluku dan Nusa Tenggara (LIPI)

Photographic of birds of Indonesia. Morten Strange. Periplus

dll

 

 

 

November 15, 2010 / dasarburung

GREENSKYCRAPPER, gedong jang sarerea (jalma, tutuwuhan jeung sato)

Bandung beuki sareukseuk! Pamarentahna teu eureun-eureun mere ijin ka pengembang pikeun ngadirikeun bangunan. Lahan hejo beuki kasedek ku bangunan. NAha sato teu boga hak keur hirup?
NAha manusa teu boga hak jang ngarenghap?
Salah sahiji cara anu kawantu epektip nyaeta ngamodifikasi bangunan nu aya ku cara nambahan ruang supaya bisa dipelakan.
bahasa kerenna mah green architecture.
BAngsa deungeun geus ngamimitian. Kumaha bangsa urang?

November 12, 2010 / dasarburung

EFEK RUMAH KACA : sabab musabab pamanasan global

Assalamu’alaykum baraya,  pendak deui dina tulisan ka 2 ngeunaan pamanasan global

Dina bagian ka2 iyeu, sim kuring bakal ngaguar ngeunaan naon wae anu jadi matak ayana pamanasan global. Tapi ngarah runut, urang bahas heula ngeunaan EFEK RUMAH KACA anu jadi permasalahan pokok dina pamanasan global. Kecap kuncina nyaeta : PAmanasan global ~ Efek Rumah kaca.

Baraya, Anu disebut efek rumah kaca nyaeta hiji fenomena dimana panas panonpoe anu nyebrot sabagean nyerep ka bumi, sabagean deui dipantulkeun. Ku ayana atmosfir (lapisan pelindung bumi) jeung gas-gas anu lian di atmosfer, sorot panonpoe henteu kabeh dipantulkeun. Tapi kajebak diantara bumi jeung atmosfer. Ku ayana panas sorot panonpoe anu kajebak tea, manusia, sato jeung tutuwuhan bias harirup di bumi. Atuh lamun euweuh eta, bisa dibayangkeun bumi camewek tiisna.

Hanjakalna, ku lantaran loba gas-gas anu teu perlu anu diproduksi ku manusa unggal poena (misalna wae haseup kendaraan, haseup pabrik jrrd) panas anu kajebak jadi di luhur rata-rata anu dibutuhkeun jang hirup manusa. Antukna, Bumi jadi pnasa jiga ayeuna

Kacindekanana : produksi gas (utamana karbondioksida CO2) anu kaleuleuwihi ngabalukarkeun komposisi gas anu kajebak di bumi beuki loba tur jadi sabab anu disebut pamanasan global

November 6, 2010 / dasarburung

CLIMATE CHANGE ceuk urang sunda

Loba kabejakeun dina mass media ngeunaan climate change atawa parubahan iklim. Isu anu kawantu matak hariwang. Loba bukti nyata geus ngajadi hareupeun mata. Mulai tina usum hujan jeung halodo anu geus teu panceg dina waktuna, panas anu kabina-bina jeung lain sajabana. Geus puguh ari anu disebut bencana mah, mahabu dimamana. CIndekna, naon anu disebut parubahan iklim the? Hayu urang guar baraya..

 

Parubahan iklim atawa anu sok disebut oge climate change nyaeta kajadian dimana iklim jadi teu ilahar. Anu jadi sabab musababna nyaeta ku ayana temperature atawa suhu bumi anu beuki ka dieu beuki ngaronjat. Padahal mangpirang-pirang taun samemehna teu kabejakeun. Dumasar kana panalungtikan para ahli, climate change the disababkeun ku hiji pasualan anu disebut Global warming (pamanasan global).

 

Global warming (pamanasan global) nyaeta hiji penomena anu ngajadi di bumi urang. Anu jadi cukang lantaranna kawilang loba. Misalna wae :

Jumlah kendaraan anu beuki nambahan

Pamakean zat kimia anu disebut Freon atawa CFC. Zat kimia iyeu ngabalukarkeun lapisan ozon (anu nyalingkeuran bumi) jadi ipis nepi ka antukna bolong. Antukna, sebrot panonpoe bisa laluasa langsung nepi ka bumi tapi henteu kasaring deui. Padahal aya bahaya anu bakal tumiba lamun sebrot panonpoe teu kasaring. Misalna wae ngabalukarkeun kanker kulit.

Beuki lobana gedong – gedong tingkat jeung nguranganana lahan terbuka jeung tatangkalan (istilah populerna RTH (Ruang Terbuka Hijau)).

Jrrd.

 

Ku ayana pamanasan global, cuaca nu aya jadi robah. Jadi teu stabil. Usum ngijih jadi teu puguh jujutan bulanna. Kitu deui usum halodo, ngan saukur ngaliwat. Anu jelas mah hawa asa panas teu puguh, matak bayeungyang. KAbejakeun di sababaraha wewengkon geus hese cai latan sumber caina saat. Anu matak geunjleung, bongkahan es di kutub geus mimiti leeh jadi cai. Balukarna, beungeut cai jadi naek. Sababaraha pulow diprediksi bakal titeuleum. Kakeueum cai. Akibat nu lain anu karasa, loba panyakit anyar anu can kapanggih bejana. Cindekna, pamanasan global kawantu mangrupakeun masalah gede anu kudu disanghareupan ku urang sarerea. Perlu tindakan anu nyata samemeh kajadian anu leuwih rosa tumiba ka urang. Baraya, hayu anu urang kawitan!

 

Wawar :

Insya Alloh, dina tulisan salajengna urang ngaguar pasualan anu masih aya patula-patalina jeung pamanasan global. Wilujeng maos!

Oktober 1, 2009 / dasarburung

Hirundo rustica has arrived to West Java

Located at masjid al-musa’adah, Ciranjang Cianjur, West Java

in the middle of the street, roost on electric cables

Juli 22, 2009 / dasarburung

FOTO-FOTO BIRDS OF PARAHYANGAN 1

langsung aja ke TKP yaahh^^

http://ashoff.multiply.com/photos/album/43/BIrd_of_Parahyangan_1

Februari 25, 2009 / dasarburung

KACAMATA BIASA

Bismillah…

kacamatahohoho… kali ni saya bakalan mengupas *emang pisaaang?* tentang si burung yang bernama Kacamata Biasa yang punya nama alias Zosterops palpebrosus.

Kenapa dinamain Kacamata? Yaa soale si burung ini punya buletan gede yang berwarna putih di sekitar matanya. Jadi mirip-mirip kacamata gitu deeh. Liat noh potonyah. Trus kenapa ada kata “biasa”nya? Yaa.. sepertinya kata biasa itu buat membedakan spesies burung ini dengan burung kacamata lainnya. Soalnya, jenis burung kacamata itu beragam. Ada kacamata biasa, ada kacamata gunung, daan laen-laen. Beda-bedanya cuma dikit. Misalnya aja yang satu warna kakinya abu-abu yang satu lagi ngga. Wuihhh lumayan lieur yah *mengusap keringat*. Ngga lagi, cuman perlu latian aja kok buat bisa ngenalin yang 1 dengan yang lainnya. Ya, latian yang sangat banyaak.Hehehe…

Burung kacamata termasuk burung yang senang berkelompok. Dengan riang, ia bersama teman-temannya terbang kesaana kemari. Bukan hanya untuk bermain, namun juga mencari makan. Oia, tahukah kalian apa makanan burung ini? Tentu tidak. Kan saya beri combantrin *eh, ini mah iklan yak^^* Makanannya ntu (yang paling sering saya amatin ajah) biasanya berupa sari madu bunga ama serangga. Nah, tentu saja untuk mengamati burung ini mencari makan, kita harus mengamatinya pada pagi hari atau sore hari dimana itulah waktu yang paling sering mereka gunakan untuk mereka mencari makanan. Baydeuwey, burung ini suka sekali makan ulat loh. Sering sekali saya amatin burung kacamata ini cari makan di pohon Kisabun (Fillicium decipiens) loncat-loncat di sepanjang dahannya buat nyari ulat. Gimana engga? pohon Kisabun kan suka banyak-banyak ulatnya gitu deh. Heuheu..jadi geli bayangin ulet.

Terkadang, si burung kacamata ini juga nyerbu kerimbunan pohon Kaliandra (Caliandra spp) buat menghisap madu sari bunganya. Mulai dari jumlah satuan sampe puluhan. sampai-sampai ranting-rantingnya melengkung digelayuti banyak burung. Menarik sekali.

Di Bandung sendiri, burung kacamata biasa ato suka disebut Oriental white-eyes sama orang asing, dapat kita jumpai hampir di semua tempat. Entah di taman, sekolahan bahkan pusat perbelanjaan. Yang penting ada pohon dengan kriteria tadi yaitu memiliki bunga yang dapat dihisap madunya dan berpotensi sebagai sarang ulat. hihihi…

Nah, dari beberapa paragraf diatas kita bisa menyimpulkan bahwa

1. Burung merupakan mekanisme alam yang diciptakan Tuhan buat menjaga kestabilannya. Salah satu caranya adalah mengendalikan jumlah hama serangan sehingga tidak terjadi ledakan populasi (over populasi).

Kebayang, kalo ngga ada burung ulet-ulet itu bakalan tambah banyak dan kita bisa mati gara-gara geli. Hehehe.. ya bayangin lah sendiri. Bisa-bisa lagu inget kamu-nya Maia Ahmad liriknya berubah. ” Aku mau makaan, ingat ulet. Aku mau minum, juga kuinget ulet….blablablananana…” Hihihi…

2. Penting neh. Karena si burung kacamata tadi doyannya menghisap sari bunga. Maka ketika makannya,benang sari yang ada pada bunga tersebut menempel dan terbawa pada bulunya. Selanjutnya jatuh ketika dia makan di bunga yang lain. So, terjadilah perkawinan pada bunga tersebut. Nah, atas jasa si burung ini terjadilah bunga-bunga yang indah dipandang mata. Muantaaf bukaaan? Yang beginian ini kalo di ilmu biologi dikenal dengan nama ornitokori atawa penyerbukan yang dibantu oleh burung. Kawaii…^^

Oke-oke…palagi yah yang blom diceritain. Oia, di Indonesia sendiri, burung ini tersebar mulai dari pulau Sumatera, Jawa, Bali, Sumbawa hingga Flores.Trus foto yang ada di postingan ini diperoleh ketika penelitian RTH (Ruang Terbuka Hijau) di GOR Pajajaran Bandung ama di kampus Unpad Jatinangor.

Kalo kalian ada yang bingung, tanyai aja yah coz postingannya selesai disini ^^. Wehehe.. Sampai jumpaaa.

Februari 18, 2009 / dasarburung

I’m back^^

Duh,uda lama g ngapdet blog ini lg. Lg sibuk2nya si. Trutama sekarang lg terkonsentrasi di Saung Angklung Udjo buad penataan kawasan ama Pendidikan Lingkungan Hidup buat para pemain angklung yang mostly bocah-bocah. Tp ada juga deng mbak-mbak ama emak-emak.
Ok d. Next,sayah bakalan posting tentang deskripsi jenis2 burung yang ada pada tulisan d blog ini byar siapapun yang menyengaja kesini atau yang iseng atau juga yang numpang ngadem bisa ikut menghayati tulisan-tulisan di blog ini *halah*. Ya,maksudnya byar ngerti gt. Dan mudah2an ada manfaat yang dapat diperoleh. Amiin. Sampai jumpa. Tulisannya nyusul yak^^