Skip to content
Mei 3, 2007 / dasarburung

Jalak putih *di ITB* ………….tinggal menunggu saat kematiannya……

black-wingedstarlingrl.jpg 

Kalo lu pade suka maen ke ITB n kbetulan bruntung, kamu2 bakalan ketemu sama satu jenis burung yang cantik banget. Namanya jalak putih alias Sturnus melanopterus melanopterus. knapa gw bilang bruntung, soalnya ni burung gw temuin di beberapa tempat berbeda. Gw pernah ktemu di lapangan basket, trus pernah juga nemu di deket FSRD. Kenapa gw bilang beruntung, soalnya ni burung emang cuman satu-satunya yang ada di sini. Cuman ada 1 ekor DOANG! HEy ….jalak putih doang! APA mirip doang? he..he.. canda. Bneran loh, cuman ada sebiji. BIasanya dia diteukan bareng sama jalak item (jalak kebo alias kerak). Jalan-jalan sambil cari makan. Parahnya, dya ngga nyadar kalo dia tuh cuman satu2nya yg ada di sini . Gw pernah pengamatan n ktemu ma dya lagi jalan di pinggir jalan arah keluar dai FSRD. Parahnya, dya jalannya deket banget ke jalan aspal. Aduh…eta BUDAK…kumaha mun kageleng ku mobil atawa KAJEJEK ku nu leumpang! dasarburung!

Akang-akang, teteh-teteh, Ibu sama Bapak di sini udah menetapkan kalo dya statusnya endangered alias kritis! Tapi bagaimanapun, namanya juga burung. Dya mah enjoy aja, ngga tau langka ato apapun. Buat dya, yg penting idup! Berangkat pagi,muter-uter cari makan,jalan-jalan, nangkring, heheotan, pulang dengan perut kenyang dan tidur. Tapi buat qt, manusia, apakah qt rela ngebiarin burung yang cuman sebiji ini punah secara lokal? (punah cuma di sini aja). Akankah qt biarkan generasi muda kita cuman bisa ngeliat awetannya doang? gambarnya doang?….well, up 2 u!

SAVE THE BIRD !!!

  1. dasarburung / Mei 3 2007 12:48 pm

    penulisan paragraf ini tidak ditujukan untuk menjelekkan citra instansi tertentu. pencantuman nama instansi hanya sekedar memperkuat informasi.penulis

  2. rime / Mei 9 2007 7:28 am

    mau nanya… ari di BOP teh yang bikin bird list kota bandung siapa?

    punya alamat imelnya ga? gua pengen kasih liat foto Caladi tilik ke dia..

    *secara gara2 menurut juri ga ada Caladi tilik di Taman Ganesha, gua jadi kalah, hiks hiks..*

  3. ahmad / Mei 9 2007 11:43 am

    yang bikin bicons, imelnya Bicons2000@yahoo.com
    tapi kalo menurut gw juga ga ada caladi tilik di taman ganeca mah rime. yang ada juga caladi ulam. coba kamu liat lagi dari corak bulu bagian belakang alias punggungnya.gw juga dulu pnah kliru ngidentifikasi di kampus. Secara kalo bdasarkan kepala mah nyaris g da bedanya. gw baru taw stelah ngamatin corak bulu di punggung. gimana anak KPB kalo pengamatan hari apa?
    Oia, doain ya gw rabu depan (Tgl 16) mu seminar 2.doain yaaaaaa….byar cepet daftar sidang. makasi
    walaaaah….ada yang demdam euy….wakakakaka…..

  4. rime / Mei 22 2007 1:04 am

    caladi tilik ada banget gituh.. orang kita dapet fotonyah.

    btw kita ga pasti sih latihannya, soalnya pada sibuk euy. lu punya YM ga? ntar kalo mau pengamatan biar lewat YM aja dikasih taunya.

    sori telat balesnya. semoga sidangnya lancar…

  5. dasarburung / Mei 22 2007 11:52 am

    berhasil-berhasil-berhasil hooreeee….meskipun kabar ke-lolos-an gua menghadapi seminar 2 ini datang terlambat, paling ngga uda lumayan plong. coz tinggal revisi n daptar sidang.

  6. Luqman Hakim / Sep 25 2007 6:44 am

    more pictures about that bird,sturnus milanoreptus

  7. dasarburung / Okt 5 2007 9:07 am

    ok, please wait a moment

  8. Teguh Aditya / Okt 18 2008 4:43 am

    ooooooh

  9. rinaldimunir / Agu 25 2009 4:48 am

    Apakah burung jalak putih itu hewan peliharan orang lain yang lepas dan senang di ITB yang banyak pohonnya?

    • dasarburung / Agu 31 2009 6:40 am

      sepertinya demikian pak. Sayangnya beberapa bulan ini saya tidak pernah melihatnya lagi…..entah kemana….

  10. baluran and me / Okt 9 2009 12:25 pm

    emang malang banget nasib burung satu ini. jangan sampe bernasib seperti jalak bali hanya karena ulah orang2 tidak bertanggung jawa. di baluran, di wilayah seluas 25.000 hs itu, saya hanya menemui dia tidak lebih dari 2 ekor setiap perjumpaan. semoga mereka baik2 saja, sekarang dan selamanya..

    salam kenal dari baluran..
    **ijin pasang blog anda di blog saya ya pak..

  11. dasarburung / Okt 10 2009 4:46 pm

    silakann… jangan bilang bapak ahh. bilang aja akang. heuheuheu…

Trackbacks

  1. 2010 in review « BirD in BaNdUn9

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: