Skip to content
September 5, 2007 / dasarburung

List burung Unpad Djatinangor tanggal 13 Agustus 2007

Bismillah….

Hai semua ketemu lagi ni. Maap banget uda lama ngga posting. Kalian pasti merindukanku khaaaa….? *jiga loba nu maca wae….autis mode on* Sehubungan dengan kepergianku ke jember tepat 1 hari setelah wisuda (tgl 22 Agustus lalu), maka database yang ada di buku lapanganku gagal dituangkan. Sekarang mah sengaja aku banyak posting berhubung kemaren salah satu buku lapangan kameumeut aku ilang entah kemana. Padahal isinya sangatlah berharga, berbagai informasi seputar penelitian aku tentang burung koak maling di ganeca, ITB ilang sudah. Mudah2an blog ini bisa jadi bek-apannya. Oia, hari itu (13 Agt 07) sengaja aku pergi ke kampus jatinangor demi sebuah mimpi yang semenjak dulu ingin diwujudkan. BIKIN FIELDGUIDE BURUNG KAMPUS!!! Why? Secara, aku KP taon 2004 juga seputaran burung kampus n ternyata sodara-sodara belum ada data terbaru tentang kondisi burung kampus. Padahal ternyata di lahan sebelah utara sekat pintu masuk Unpad, telah berdiri kokoh bangunan yang entah diperuntukkan untuk apa. Yang jelas, hasrat keburungan semakin menggila demi melihat apakah telah terjadi perubahan komposisi burung kampus. Maka pagi itu pengamatan dimulai dengan menjelajahi kawasan Arboretum bagian bawah dan inilah hasilnya :

1. Kacamata biasa (Zosterops palpebrosus)

2. Caladi tilik (Piccoides moluccensis)

3. Piit (Lonchura leucogastroides)

4. Wiwik kelabu (Cacomantis merulinus)

5. Cinenen kelabu (Orthotomus ruficeps)

6. Burung MAdu Sriganti (Nectarinia jugularis)

7. Cekakak sungai a.k.a kahkeh (Todirhampus chloris)

dapetnya cuman segiru doang berhubung emang datang ke kampusnya rada siangan….jam 10.an hehe….bis pengamatan langsung aja menuju kampus buat nyari informasi tentang wisuda. Sorenya aku kembali beraksi. Tapi kali ini aku ngga sendiri. Aku ditemanicep Fanny (Wakil KEtua DP HIMBIO UNPAD) sama neng nadia (Kabir Pengembangan Organisasi HIMBIO UNPAD). Setelah kumpul , langsung aja kita pada jalan menuju ke Arboretum Unpad bagian atas buat pengamatan. . Setelah nyampe di Arbor atas. Kita memutuskan untuk fokus pengamtan lebih banyak disitu meskipun akhirnya dilanjut nguriling ke atas ke daerah pertanian. Pengamatan pun dihentikan di gedung kuliah bersama karena udah sore isan. Hari itu lumayan dapet beberapa spesies :

1. Kacamata biasa

2. Tekukur

3. Cinenen kelabu

4. Wiwik kelabu

5. Sriganti

6. Caladi tilik

7. Jogjog

8. Bubut alang-alang

9. Piit

10. Cabe Jawa

11. Cekakak jawa

12. Perenjak coklat

13. Perenjak sayap garis

14. Kapinis rumah

sampe ketemu lagi di posting selanjutnya…….

  1. kang ido / Des 2 2009 3:32 am

    ngan lebar naha ari foto manuk na teu dilampirkeun kang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: