Skip to content
Juni 20, 2008 / dasarburung

Cikrak Kutub, jauh-jauh dari Arctic ke Bandung

Burung ini pertama kali saya amati pada tanggal 4 Juni 2008. Ketika itu saya dan teman-teman sedang melaksanakan kegiatan rutin kami di hari minggu yaitu SBW (Sunday Bird Watching) di Taman Ganeca. Lagi anteng2nya kita pengamatan, tiba2 dikejutkan oleh ributnya beberapa ekor burung gelatik batu kelabu yang rupa-rupanya memasuki musim kawin. Ada sekitar 3/4 ekor burung jantan yang mengejar-ngejar si betina. MAsing-masing burung jantan itu show of force buat melelehkan hati si betina *halah-halah*
Nah di sela-sela perburuan saya dengan si kamera dapet minjem nih buat mengabadikan momen mengharukan tersebut *halah berlebihan*, saya melihat 1 ekor burung yang ngga biasa (maksudnya karena saya blom pernah liat gt). Burung ini lagi berburu makanan di kerimbunan pohon Kisabun (Filicium decipiens).
Langsung ajah saya grusakgrusuk buat ngambil gambar si burung. Nah, disinilah jeleknya kamera digital. Beberapa gambar yang saya ambil malah ngga fokus ke objeknya(si burung). Malah bekgronnya ajah yang keliatan jelas. Walhasil, hanya beberapa gambar aja yang lumayan rada jelas.
Oia, saya belum ngenalin si burung ini. Namanya CIKRAK KUTUB dengan nama gayanya Phylloscopus borealis.
Ukuran tubuhnya lumayan besar. sekitar 12 cm . Burung ini berbiak di Arctic (buset dah eh subhanalloh) dan subArctic Eurasia. Nah, pada musim dingin mereka hijrah (migrasi) ke negara tropis buat ngehindarin musim dingin tersebut. Indonesia sendiri, menurut Morten Strange, merupakan batas tujuan migrasi paling ujung (paling selatan) dari si CIKRAK KUTUB ini.
So, kebayang khaan segimanong jauhnya burung sekecil ini bermigrasi.Amazing! Two Thumbs Up dech buat si CIKRAK KUTUB.
oia, karena merupakan burung migran, burung ini CUMA bisa dijumpain di BUlan SEPTEMBER ampe MARET ajah. Nah..nah..bulan yang lainnya gimana? ya kaga ada lah, pan dianya mah balik lagi ke sonoh, ke negara asalnyah.

  1. nengthree / Jun 24 2008 8:14 am

    pertamax dulu deh…

  2. nengthree / Jun 24 2008 8:15 am

    jadi ini tentang burung semua ya..
    hmmm…

  3. nengthree / Jun 24 2008 8:16 am

    jadi inget kuliah lapangan dulu..
    ada pengamatan burung.
    tempatnya dulu di TNGH bogor
    saya naik ke kanopi trail nya (aduh bener ga ngejanya?)
    heu… tapi saya mah teu ngarti soal burung😆

  4. dasarburung / Jun 25 2008 7:22 am

    iya nih bu guru, blognya tentang burung semua
    biar ngerti tentang burung rajin-rajinlah berkunjung kemari
    jangan lupa bawa juga murid-muridnyah^^
    hehehe

  5. baluran and me / Okt 9 2009 12:22 pm

    wow…cikrak kutub ya? belum pernah ketemu saya.
    salam hangat dari baluran..

    • dasarburung / Des 14 2010 4:56 am

      ealah abru kebaca…hatur nuhun sudah mampir mas

Tinggalkan Balasan

