Skip to content
Juni 20, 2008 / dasarburung

Remetuk laut, si burung kecil eksis

Bismillahirrohmanirrohim
Akhirnyah sayah bisa kembali posting menjumpai temen-temen semuah
kali ini saya bakalan mengupas tentang salah satu jenis burung yang tidak umum dijumpai di tengah perkotaan *menurut saya*
Burung itu bernama Golden bellied Gerygone (Golden=keemasan,bellied=belly=perut) alias Remetuk Laut.
Kenapa saya bilang ga umum dijumpai di kota, sebab sayah nemuinnya di kawasan pesisir, tepatnya di kerimbunan pohon bakau (mangrove)
Burung ini berukuran kecil, sekitar 9 cm. Berwarna kuning keemasan pada bagian perutnya *yaa..ngga emas-emas amat sih, tapi warna itu digunain buat identifikasi jenis*, sementara bagian atas tubuhnya berwarna abu-abu. Jadi lumayan keliatan kontras. Temen2 bisa ngeliat bagaimana kecilnya ukuran si remetuk laut kalo dibandingin ama burung gereja. Poto diambil di samping Gedung Kimia ITB.
Di KOta Bandung sendiri, setelah kemarin saya dengan beberapa rekan mencoba mengakumulasi jenis-jenis burung si Bandung, ternyata si remetuk laut ini lumayan eksis. Burung ini saya jumpai pada beberapa daerah, diantaranya adalah :
1. Kampus ITB dan Taman Ganeca
2. Kampus Unpad Dipati Ukur
3. GOR Pajajaran di Jalan Pajajaran
4. Halaman Masjid HAbiburrahman PT.Dirgantara Indonesia, Pajajaran
5. Halaman Kantor Bank BNI, depan Kantor BPLHD JAbar (Jl.Naripan)
dll (beberapa lokasi lainnya lupa)
Burung Rametuk laut ini suaranya sangat nyaring. Sekalinya atau beberapa kali kita mendengar suara burung ini, kita dapat mengidentifikasinya dengan mudah pada perjumpaan berikutnya. Bukan apa-apa, kenyaringan suaranya tuh bikin kita bisa denger dari kejauhan (mudah-mudahan nanti bisa saya postingin juga suara si remetuk ini).So, menurut sayah burung ini paling eksis di seputaran BAndung (eksis karena suaranya)
Oia, burung ini termasuk burung yang lincah banget. Biasanya dia berpindah dari pohon ke pohon sambil bersuara. Makanya, buat yang demen moto-moto mah, si burung ini teh lumayan susah dipotonyah. Kamera kudu standby. Kalo udah kedengeran suaranya buru-buru deh jabanin tuh burung soalnya pindah2nya lumayan cepet. Lagian burung ini gak termasuk burung yang doyan rame-ramean alias banyakan. Biasanya dijumpain 1-3 ekor saja.
Si Remetuk laut ini *ato kalo pengamat burung di bandung mah bilangnya si Gerygone (berasal dari nama ilmiahnya Gerygone sulphurea)* termasuk katagori burung flycatcher alias tukang nangkep lalet. Alhamdulillah, di satu kesempatan saya ngedapetin ada anakan gerygone yang masih blajar2 gitu bsuara ama cari makannya.Buru2 deh saya ambil kamera, jebret2 saya ambil brapa frame. Nah di salah satu gambar yang saya dapet, si gerygone kecil ini ternyata lagi menggondol *halah..prasaan menggondol mah buat barang yang berukuran besar* atau apa yang istilahnya…mmmm…udahlah istilahnya menjepit lalet dengan paruhnya.
Ada yang kelupaan, si gerygone ini punya kebiasaan yang cukup unik juga. Kalo di Taman Ganeca dia suka muter-muterin taman. So, kalo kita (saya ama anak Bicons) lagi pengamatan n ngdenger suaranya, saya buru2 ngambil kamera n ngikutin kemana dia pergi *halah bahasanya..*.
Kalo ada yang penasaran ama suaranya, ketik aja keywordnya “Gerygone sulphurea” biasanya di web-web nya suka ada suaranya (ga semua web).Setelah kamu dengerin kamu bisa asoygeboycirgobanggocir langsung menuju ke TKP buat nyocokin suara burung ini ama aslinya. Oia, suaranya oke juga buat dijadiin ringtone loh! ^^
Last,
Buat kamu barudak Bandung atau yang mo berkunjung ke Bandung n pengen mengetahui salah satu keajaiban penciptaan berupa beragam burung yang hidup bebas di alam, kamu-kamu bisa ikutan jadwal pengamatan kita. BIcons punya agenda rutin pengamatan burung (birdwatching) di Taman KOta Bandung Setiap Hari minggu pagi mulai j7.30-selese (biasanyamah ampe j 12an coz beres pengamatan suka diterusin sama ta’lim atau diskusi). 3 Hari minggu pertama biasanya bertempat di Taman Ganeca dan 1 minggu terakhir qt pengamatan di Taman lain. Kadang2 kita juga ada agenda jalan-jalannya ke hutan gt buat ngamatin burung yang lebih banyak dan beragam jenisnya.
so, tarik jabrigggggggg!!!!!!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: