Skip to content
Februari 25, 2009 / dasarburung

KACAMATA BIASA

Bismillah…

kacamatahohoho… kali ni saya bakalan mengupas *emang pisaaang?* tentang si burung yang bernama Kacamata Biasa yang punya nama alias Zosterops palpebrosus.

Kenapa dinamain Kacamata? Yaa soale si burung ini punya buletan gede yang berwarna putih di sekitar matanya. Jadi mirip-mirip kacamata gitu deeh. Liat noh potonyah. Trus kenapa ada kata “biasa”nya? Yaa.. sepertinya kata biasa itu buat membedakan spesies burung ini dengan burung kacamata lainnya. Soalnya, jenis burung kacamata itu beragam. Ada kacamata biasa, ada kacamata gunung, daan laen-laen. Beda-bedanya cuma dikit. Misalnya aja yang satu warna kakinya abu-abu yang satu lagi ngga. Wuihhh lumayan lieur yah *mengusap keringat*. Ngga lagi, cuman perlu latian aja kok buat bisa ngenalin yang 1 dengan yang lainnya. Ya, latian yang sangat banyaak.Hehehe…

Burung kacamata termasuk burung yang senang berkelompok. Dengan riang, ia bersama teman-temannya terbang kesaana kemari. Bukan hanya untuk bermain, namun juga mencari makan. Oia, tahukah kalian apa makanan burung ini? Tentu tidak. Kan saya beri combantrin *eh, ini mah iklan yak^^* Makanannya ntu (yang paling sering saya amatin ajah) biasanya berupa sari madu bunga ama serangga. Nah, tentu saja untuk mengamati burung ini mencari makan, kita harus mengamatinya pada pagi hari atau sore hari dimana itulah waktu yang paling sering mereka gunakan untuk mereka mencari makanan. Baydeuwey, burung ini suka sekali makan ulat loh. Sering sekali saya amatin burung kacamata ini cari makan di pohon Kisabun (Fillicium decipiens) loncat-loncat di sepanjang dahannya buat nyari ulat. Gimana engga? pohon Kisabun kan suka banyak-banyak ulatnya gitu deh. Heuheu..jadi geli bayangin ulet.

Terkadang, si burung kacamata ini juga nyerbu kerimbunan pohon Kaliandra (Caliandra spp) buat menghisap madu sari bunganya. Mulai dari jumlah satuan sampe puluhan. sampai-sampai ranting-rantingnya melengkung digelayuti banyak burung. Menarik sekali.

Di Bandung sendiri, burung kacamata biasa ato suka disebut Oriental white-eyes sama orang asing, dapat kita jumpai hampir di semua tempat. Entah di taman, sekolahan bahkan pusat perbelanjaan. Yang penting ada pohon dengan kriteria tadi yaitu memiliki bunga yang dapat dihisap madunya dan berpotensi sebagai sarang ulat. hihihi…

Nah, dari beberapa paragraf diatas kita bisa menyimpulkan bahwa

1. Burung merupakan mekanisme alam yang diciptakan Tuhan buat menjaga kestabilannya. Salah satu caranya adalah mengendalikan jumlah hama serangan sehingga tidak terjadi ledakan populasi (over populasi).

Kebayang, kalo ngga ada burung ulet-ulet itu bakalan tambah banyak dan kita bisa mati gara-gara geli. Hehehe.. ya bayangin lah sendiri. Bisa-bisa lagu inget kamu-nya Maia Ahmad liriknya berubah. ” Aku mau makaan, ingat ulet. Aku mau minum, juga kuinget ulet….blablablananana…” Hihihi…

2. Penting neh. Karena si burung kacamata tadi doyannya menghisap sari bunga. Maka ketika makannya,benang sari yang ada pada bunga tersebut menempel dan terbawa pada bulunya. Selanjutnya jatuh ketika dia makan di bunga yang lain. So, terjadilah perkawinan pada bunga tersebut. Nah, atas jasa si burung ini terjadilah bunga-bunga yang indah dipandang mata. Muantaaf bukaaan? Yang beginian ini kalo di ilmu biologi dikenal dengan nama ornitokori atawa penyerbukan yang dibantu oleh burung. Kawaii…^^

Oke-oke…palagi yah yang blom diceritain. Oia, di Indonesia sendiri, burung ini tersebar mulai dari pulau Sumatera, Jawa, Bali, Sumbawa hingga Flores.Trus foto yang ada di postingan ini diperoleh ketika penelitian RTH (Ruang Terbuka Hijau) di GOR Pajajaran Bandung ama di kampus Unpad Jatinangor.

Kalo kalian ada yang bingung, tanyai aja yah coz postingannya selesai disini ^^. Wehehe.. Sampai jumpaaa.

  1. Ardi / Mei 20 2009 5:46 am

    Bro, kalo bedain jantan ma betinanya gmn? Apa bisa ditangkarkan ya si kacamata ini? Thanks…

    • dasarburung / Mei 25 2009 10:24 am

      untuk jenis burung kacamata agak sulit buat dibedain. MEsti ditangkap.
      Kalo buat ditangkarkan pada prinsipnya semua jenis burung bisa, asalkan habitatnya sesuai. Terus tau juga tentang makanannya apa, kapan musim berbiak, kebutuhan ketika berbiak apa.
      ^^

  2. waskita / Jun 9 2009 1:16 am

    terimakasih untuk tulisannya. saya sedang mencoba memotret burung ini, susah banget rupanya. lincah sekali.

    • dasarburung / Jun 10 2009 3:22 am

      G terlalu susah juga ko. asal tau aja dimana biasanya burung ini flocking. Nah, kalo udah ketauan tinggal nunggu aja disana n nyiapin kamera. Baruu deh menghambur-hamburkan memori. hehehe……..

  3. Nata / Agu 31 2009 12:36 pm

    gimana cara bedain yang jantan ma betina…..

    Minta pencerahanya..

    • dasarburung / Sep 4 2009 7:00 am

      berhubung saya juga masih amatiran soal burung. NAmpaknya akan lebih akurat dengan metoda tangkap-lepas (capture and re-capture). kalo secara visual saya belum tau caranya ^^

  4. eddy / Sep 26 2010 7:41 am

    tolong yang tau beda laki dan perempuannya burung kaca mata gimana ? bales ke eddydwiwinanto@gmail.com ya bro

    • dasarburung / Okt 4 2010 4:36 am

      ok sip

    • wawan / Des 26 2010 2:59 pm

      beda burung kaca mata jantan dan betina bisa kita liat dari lingkaran putih yg ada pada matanya, yg jantan lingkaran putihnya aga lebar & nyata, sedangkan yg betina lingkaran putihnya tidak selebar yang jantan

      • dasarburung / Des 28 2010 4:55 am

        hatur nuhun kang wawan atas tambahannya

  5. idran / Des 9 2010 1:59 am

    kayanya kalo di tempatku namanya manuk pecelit,bener gak?

    • dasarburung / Des 14 2010 4:38 am

      maaf, mas idran tinggal dimana ya? sebutan burung untuk tiap daerah biasanya berbeda mas

  6. areez_man / Des 9 2010 10:57 am

    klo ga salah sih,yg jantan relatiflebih kecil dari yg betina, dan yg betina badan nya aga besar dan condong bulat…

    • dasarburung / Des 14 2010 4:39 am

      terima kasih informasi tambahannya.

  7. Pecinta burung kicau / Nov 3 2011 10:15 am

    mf bro sy numpang nambahin perbedaan burung jantan dan betina pd burung kacamata, yg jantan biasanya suaranya kenceng pd saat bunyi ciit ciit dan yg betina agak kecil bunyi ciit ciitnya… trims

  8. dasarburung / Nov 25 2011 5:47 pm

    waw informasi baru lagi. makasih🙂

  9. salim / Feb 2 2012 3:14 pm

    kacamatanya plus atau minus gan?wkwkwkk……wah lucu burungnya…….salam kenal🙂

    • dasarburung / Feb 21 2012 2:34 pm

      wkwkwkwk… kacamata gaul gan😄

  10. sulistiyono / Feb 15 2012 7:09 am

    apakah burung kaca mata biasa jg bs menirukan suara2 burung kicau seperti burung kacamata lainya seperti burung kacamata gunung misalnya?…tank`s

    • dasarburung / Feb 21 2012 2:33 pm

      selain jenis burung kerak, jalak, beo atau jenis burung cendrawasih (itu pun karena lingkungannya yang “memaksa”, misalnya karena ada illegal logging, jenis burung lain sejauh saya tau ndak bisa meniru suara burung lain.

      btw, burung kenari ternyata bisa meniru beberapa suara dari jenis burung lain, ini pengalaman saya di rumah🙂 . IMHO

  11. lingga / Apr 15 2012 3:14 pm

    gimana cara ternak burung kaca mata

  12. fajar / Jun 14 2012 6:16 pm

    salam kacamata.bedain jantan, 1 badan lebih beras
    2 ekor lebih panjang
    3 suara lebih keras,kalo betna malhsebliknya

  13. fajar / Jun 14 2012 6:37 pm

    salam kacamata, kalo yang
    jantan,ni 1 badan lebih besar 2suara lebih keras 3ekor lebih panjang

  14. riko / Nov 29 2012 12:18 pm

    yaaa saya punya burung kaca mata yang bisa

  15. dhie / Apr 25 2013 5:40 pm

    gimna cara mengencangkan suaranya boz…

  16. may lanh / Mei 26 2013 4:35 am

    An entire pact of heating, aeration and air conditioning systems,
    especially window and wall mounted variants, should be protected from the elements, the more space the Air
    Conditioner can drain freely. There are several models and brands of air conditioners in the sweltering summers provide cool and respite feeling.

    After this, you should know every minute detail to have worth of
    your money. Here are some basic maintenance tips for your air conditioner is working
    harder and harder?

Trackbacks

  1. Burung kacamata di ITB « Waskita Adijarto
  2. 2010 in review « BirD in BaNdUn9

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: